Pak Eros menyusun RPP dengan salah satu rumusan tujuan pembelajaran adalah peserta didik mampu memahami isi makna percakapan meliputi identifikasi fonem, pola intonasi, dan pengertian isi wacana lisan. Jenis penilaian holistik-otentik yang cocok adalah?

Pak Eros menyusun RPP dengan salah satu rumusan tujuan pembelajaran adalah peserta didik mampu memahami isi makna percakapan meliputi identifikasi fonem, pola intonasi, dan pengertian isi wacana lisan. Jenis penilaian holistik-otentik yang cocok adalah?

  1. Tes simak ulang, tes melengkapi kalimat dan atau kata, tes menjawab pertanyaan lisan dan merangkum
  2. Tes tertulis, unjuk kerja melakukan percakapan, dan menulis puisi
  3. Tes kecepatan membaca, kemampuan melafalkan, dan tes cara berdialog
  4. Melafalkan dan menuliskan percakapan, menyuarakan kalimat pendek, dan berbicara
  5. Guru membacakan wacana pendek peserta didik merangkum secara tertulis

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: C. Tes kecepatan membaca, kemampuan melafalkan, dan tes cara berdialog.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban C benar, dan 0 orang setuju jawaban C salah.

Pak Eros menyusun RPP dengan salah satu rumusan tujuan pembelajaran adalah peserta didik mampu memahami isi makna percakapan meliputi identifikasi fonem, pola intonasi, dan pengertian isi wacana lisan. Jenis penilaian holistik-otentik yang cocok adalah tes kecepatan membaca, kemampuan melafalkan, dan tes cara berdialog.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. Tes simak ulang, tes melengkapi kalimat dan atau kata, tes menjawab pertanyaan lisan dan merangkum menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. Tes tertulis, unjuk kerja melakukan percakapan, dan menulis puisi menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. Tes kecepatan membaca, kemampuan melafalkan, dan tes cara berdialog menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban D. Melafalkan dan menuliskan percakapan, menyuarakan kalimat pendek, dan berbicara menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. Guru membacakan wacana pendek peserta didik merangkum secara tertulis menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah C. Tes kecepatan membaca, kemampuan melafalkan, dan tes cara berdialog

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.