guru menjelaskan bahwa pada hari libur yang akan datang, sekolah akan mengadakan pertandingan antar kelas untuk mengisi kegiatan ekstrakurikuler. Cabang-cabang yang akan dipertandingkan adalah bola voli, senam, dan kesegaran jasmani. 2. guru mengarahkan agar para siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, baik sebagai peserta pertandingan maupun sebagai panitia pertandingan. Dan partisipasi siswa akan mendapatkan nilai tertentu. 3. guru membimbing para siswa untuk membentuk kelompok-kelompok kerja dan merumuskan bersama, program kerja yang akan mereka laksanakan. Kelompok kerja itu mendiskusikan berbagai masalah menyangkut program kerja itu. Hasil kerja yang dilaporkan kepada guru. Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk bekerja secara mandiri, kecuali bila ternyata ada masalah yang sulit dipecahkan oleh para siswa baru guru memberikan bimbingannya. 4. guru memberikan kemudahan-kemudahan, khususnya yang menyangkut dengan fasilitas, biaya penyelenggaraan, izin orang tua, dan lainya. Guru pun senantiasa memantau hasil kerja para siswa. 5. Sebelum pelaksanaan pertandingan, guru mengumpulkan siswa untuk memberikan kesempatan pada kelompok untuk melaporkan segala persiapan yang telah mereka lakukan. Mengontrol tugas-tugas setiap kelompok, hambatan yang dihadapi siswa, bila dianggap perlu guru memberikan tanggapan atau saran tentang hal yang masih belum siap yang mungkin mengacaukan pelaksanaan pertandingan 6. selama pertandingan berlangsung guru dan siswa selalu berinteraksi, terutama bila terjadi masalah-masalah yang sulit dipecahkan oleh para siswa. Disamping itu guru memantau terus segala tugas dan pelaksanaan pertandingan sehingga siswa yang melaksanakan pertandingan merasa diperhatikan tentunya asas motivasi, aktivitas, lainnya terlibat dalam hal itu. 7. setelah acara pertandingan selesai, setiap kelompok kerja melaporkan segala yang telah diselesaikan. Guru memberikan kesan-kesan baik yang positif maupun yang negatif serta memberikan nilai terhadap hasil kerja setiap kelompok. Untuk menilai hasil kerja kelompok yang baik dapat dilihat dari kejelasan tujuan, rencana dan masalah, setiap anggota memberikan kerja, adanya rasa tanggung jawab dari anggota kepada kelompoknya, adanya pemimpin kelompok yang kreatif. Metode yang sering digunakan dalam menerapkan asas ini adalah metode pemecahan masalah dan metode diskusi. Contoh di atas adalah penerapan KBM PJOK dengan menerapkan asas

guru menjelaskan bahwa pada hari libur yang akan datang, sekolah akan mengadakan pertandingan antar kelas untuk mengisi kegiatan ekstrakurikuler. Cabang-cabang yang akan dipertandingkan adalah bola voli, senam, dan kesegaran jasmani. 2. guru mengarahkan agar para siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, baik sebagai peserta pertandingan maupun sebagai panitia pertandingan. Dan partisipasi siswa akan mendapatkan nilai tertentu. 3. guru membimbing para siswa untuk membentuk kelompok-kelompok kerja dan merumuskan bersama, program kerja yang akan mereka laksanakan. Kelompok kerja itu mendiskusikan berbagai masalah menyangkut program kerja itu. Hasil kerja yang dilaporkan kepada guru. Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk bekerja secara mandiri, kecuali bila ternyata ada masalah yang sulit dipecahkan oleh para siswa baru guru memberikan bimbingannya. 4. guru memberikan kemudahan-kemudahan, khususnya yang menyangkut dengan fasilitas, biaya penyelenggaraan, izin orang tua, dan lainya. Guru pun senantiasa memantau hasil kerja para siswa. 5. Sebelum pelaksanaan pertandingan, guru mengumpulkan siswa untuk memberikan kesempatan pada kelompok untuk melaporkan segala persiapan yang telah mereka lakukan. Mengontrol tugas-tugas setiap kelompok, hambatan yang dihadapi siswa, bila dianggap perlu guru memberikan tanggapan atau saran tentang hal yang masih belum siap yang mungkin mengacaukan pelaksanaan pertandingan 6. selama pertandingan berlangsung guru dan siswa selalu berinteraksi, terutama bila terjadi masalah-masalah yang sulit dipecahkan oleh para siswa. Disamping itu guru memantau terus segala tugas dan pelaksanaan pertandingan sehingga siswa yang melaksanakan pertandingan merasa diperhatikan tentunya asas motivasi, aktivitas, lainnya terlibat dalam hal itu. 7. setelah acara pertandingan selesai, setiap kelompok kerja melaporkan segala yang telah diselesaikan. Guru memberikan kesan-kesan baik yang positif maupun yang negatif serta memberikan nilai terhadap hasil kerja setiap kelompok. Untuk menilai hasil kerja kelompok yang baik dapat dilihat dari kejelasan tujuan, rencana dan masalah, setiap anggota memberikan kerja, adanya rasa tanggung jawab dari anggota kepada kelompoknya, adanya pemimpin kelompok yang kreatif. Metode yang sering digunakan dalam menerapkan asas ini adalah metode pemecahan masalah dan metode diskusi. Contoh di atas adalah penerapan KBM PJOK dengan menerapkan asas

  1. ASAS MOTIVASI
  2. ASAS PENGULANGAN
  3. ASAS SOSIALISASI ATAU KERJA SAMA
  4. ASAS EVALUASI
  5. ASAS PERAGAAN

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: C. ASAS SOSIALISASI ATAU KERJA SAMA.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban C benar, dan 0 orang setuju jawaban C salah.

guru menjelaskan bahwa pada hari libur yang akan datang, sekolah akan mengadakan pertandingan antar kelas untuk mengisi kegiatan ekstrakurikuler. Cabang-cabang yang akan dipertandingkan adalah bola voli, senam, dan kesegaran jasmani. 2. guru mengarahkan agar para siswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, baik sebagai peserta pertandingan maupun sebagai panitia pertandingan. Dan partisipasi siswa akan mendapatkan nilai tertentu. 3. guru membimbing para siswa untuk membentuk kelompok-kelompok kerja dan merumuskan bersama, program kerja yang akan mereka laksanakan. Kelompok kerja itu mendiskusikan berbagai masalah menyangkut program kerja itu. Hasil kerja yang dilaporkan kepada guru. Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk bekerja secara mandiri, kecuali bila ternyata ada masalah yang sulit dipecahkan oleh para siswa baru guru memberikan bimbingannya. 4. guru memberikan kemudahan-kemudahan, khususnya yang menyangkut dengan fasilitas, biaya penyelenggaraan, izin orang tua, dan lainya. Guru pun senantiasa memantau hasil kerja para siswa. 5. Sebelum pelaksanaan pertandingan, guru mengumpulkan siswa untuk memberikan kesempatan pada kelompok untuk melaporkan segala persiapan yang telah mereka lakukan. Mengontrol tugas-tugas setiap kelompok, hambatan yang dihadapi siswa, bila dianggap perlu guru memberikan tanggapan atau saran tentang hal yang masih belum siap yang mungkin mengacaukan pelaksanaan pertandingan 6. selama pertandingan berlangsung guru dan siswa selalu berinteraksi, terutama bila terjadi masalah-masalah yang sulit dipecahkan oleh para siswa. Disamping itu guru memantau terus segala tugas dan pelaksanaan pertandingan sehingga siswa yang melaksanakan pertandingan merasa diperhatikan tentunya asas motivasi, aktivitas, lainnya terlibat dalam hal itu. 7. setelah acara pertandingan selesai, setiap kelompok kerja melaporkan segala yang telah diselesaikan. Guru memberikan kesan-kesan baik yang positif maupun yang negatif serta memberikan nilai terhadap hasil kerja setiap kelompok. Untuk menilai hasil kerja kelompok yang baik dapat dilihat dari kejelasan tujuan, rencana dan masalah, setiap anggota memberikan kerja, adanya rasa tanggung jawab dari anggota kepada kelompoknya, adanya pemimpin kelompok yang kreatif. Metode yang sering digunakan dalam menerapkan asas ini adalah metode pemecahan masalah dan metode diskusi. Contoh di atas adalah penerapan KBM PJOK dengan menerapkan asas asas sosialisasi atau kerja sama.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. ASAS MOTIVASI menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. ASAS PENGULANGAN menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. ASAS SOSIALISASI ATAU KERJA SAMA menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban D. ASAS EVALUASI menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. ASAS PERAGAAN menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah C. ASAS SOSIALISASI ATAU KERJA SAMA

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.